Kue Putri Salju

Ingredients

225 gram butter, unsalted (bekukan terlebih dahulu)
285 gram terigu, ayak (kalau mau disangrai terlebih dahulu lebih bagus, aku sih nggak –males.com)
15 gram susu bubuk full cream
1-2 sendok makan gula halus
125 gram kacang mete, cincang kasar atau cincang halus kalau mau kuenya lebih meleleh di mulut
¼ tsb vanilla extract (gak boleh ganti dengan vanili bubuk yaa)
Gula halus atau gula donat untuk taburan

How-To:

Panaskan oven suhu rendah 140C. Pasang baking paper di cookie sheet atau loyang datar. Kalau mau serius bikin kue kering, sebaiknya memiliki loyang khusus untuk kue kering. Bentuknya seperti lempeng saja, jadi tidak ada dinding loyangnya. Aku beli di TBK Rossy. Gak tau deh di TBK lain ada atau tidak.

Kocok mentega dan gula sampai putih (pastikan mentega dingin supaya kocokan mentega tidak sampai berminyak – ini bisa bikin kue kering jadi mengembang tidak karuan). Masukkan terigu dan susu dengan cara diayak, aduk rata. Masukkan kacang mete dan vanila extract. Aduk rata.

Adonan sudah siap! Tidak perlu dimasukkan ke dalam kulkas, sudah siap untuk dicetak pakai cetakan bulan sabit, bulan purnama atau bintang kejora … :D

Setelah dicetak, panggang sekitar 15 menit (atau sesuaikan dengan oven masing-masing ya!). Cara mengetahui kue ini sudah matang atau belum, coba tekan dengan jari (hati-hati panas!), kalau kue sudah terasa keras dan tidak membal (hmm, ini apa istilah resminya ya?) maka berarti kue sudah matang.

Setelah kue agak mendingin, gulingkan di gula donat atau gula halus sampai tertutup rata. Siap santap!

Apa beda gula donat dan gula halus biasa? Gula donat itu lebih putih dan ada rasa dingin-dinginnya gitu kalo dimakan. Di TBK biasanya tertulis gula donat. Tapi kalo gak ada, pake gula halus biasa aja. Kalo aku di foto ini pakai gula yang aku blender sendiri, makanya jadi rada kekuningan …

Image

Happy Cooking😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s