Resensi Buku

Lika-liku Dalam Cinta
Judul buku      : Di Bawah Naungan Cinta
Pengarang       : Ibnu Hazm El Andalusy
Penerbit           : Republika dan pesantren Basmala Indonesia
Tahun terbit     : Cetakan I, Juni 2006
Jumlah halaman           : 295 halaman
 
            Ibnu Hazm el Andalusy adalah seorang tokoh filusuf yang terkenal. Beliau berasal dari kota Cordoba, Spanyol. Ibnu Hazm tumbuh dan besar di kalangan para pembesar dan pejabat. Ayahnya adalah salah satu menteri kerajaan Cordoba. Meskipun hidup beliau dikelilingi dengan kemewahan, namun hal itu tidak menjadikan beliau lupa akan kedudukan dan kewajiban agama. Beliau sangat tertarik sekali dengan ilmu-ilmu islam. Sudah banyak karya yang dihasilkan oleh pikirannya, namun dari kebanyakan hasil karyanya itu mengundang kontroversi.
            Dibawah Naungan Cinta yang merupakan terjemahan dari buku Ibnu Hazm berjudul Tauqul Hamaamah. Buku yang pernah fenomenal di Timur Tengah pada abad pertengahan karena menjadi buku terlaris pada masa itu. Dalam membaca buku ini anda akan mengetahui bahwa Ibnu Hazm bukan hanya seorang tokoh filusuf melainkan beliau juga merupakan seorang pujangga yang memiliki jiwa seni sastra yang tinggi. Hal itu terbukti dalam buku ini, di dalam buku ini begitu banyak disajikan karya-karya puisinya. Hampir dalam setiap kejadian yang beliau alami ada puisi yang beliau ciptakan.
            Di dalam karyanya yang satu ini Ibnu Hazm mencurahkan segala kejadian yang berhubungan dengan cinta yang pernah beliau alami sendiri atau dialami oleh orang-orang sekelilingnya. Beliau menyajikan cerita-cerita nyata itu dalam beberapa bab, yang masing-msing dari cerita nyata itu diletakkan didalam bab yang sesuai dengannya. Ada sekitar tiga puluh bab dalam buku ini yang semuanya itu berhubungan dengan masalah percintaan, mulai dari perkenalan mengenai cinta yang dibahas dalam bab pertama yaitu membicarakan tentang hakikat cinta sampai bab yang terakhir yang sangat penuh dengan pesan moral yaitu keutamaan menjaga kesucian dalam cinta.
            Saya tidak akan mungkin untuk menjelaskan semua bab yang ada dalam buku ini, namun saya akan berusaha untuk mengutipkan beberapa bab yang menurut saya memang begitu menarik untuk ditampilkan karena mengandung pelajaran yang begitu berharga bagi saya dan mungkin bagi anda juga. Yang pertama, bab Membicarakan Tentang Hakikat Cinta kenapa saya pilih bab ini, karena menurut saya dari bab ini kita bisa mengambil  pelajaran mengenai separti apa sebenarnya arti cinta itu menurut Ibnu Hazm. Inilah cuplikan kata yang ada dalam buku ini:
            Sesungguhnyalah alasan terbesar yang paling sering menumbuhkan cinta adalah keindahan fisik. Pada dasarnya, jiwa itu indah dan selalu terpikat pada segala sesuatu yang indah. Ia gandrung pada keindahan-keindahan.
            Manakala jiwa seseorang gandrung pada jiwa yang lain, dan ternyata dibalik jiwa orang yang digandrunginya itu terdapat sesuatu yang menyerupai dirinya, maka jiwanya akan akan semakin tertarik dan tersambung dengan jiwa orang yang digandrunginya itu. Itulah cinta hakiki. Namun, bila ternyata dibalik jiwa orang yang digandrunginya itu taka da sesuatu yang menyerupai jiwanya, maka cintanya sebatas keindahan fisik semata. Dan itulah yang disebut syahwat.
            Dari pernyatan itu kita bisa mengambil pelajaran antara perbedaan cinta yang hakiki dengan cinta syahwat. Selain itu, dalam buku ini juga menyajikan banyak hal lagi tentang cinta diantaranya tentang tanda-tanda orang jatuh cinta, penyebab orang jatuh cinta,cara pengungkapan cinta, orang-orang yang ikut dalam masalah cinta, masalah yang muncul dalam bercinta, hal yang buruk dalam cinta, dan lain sebagainya.
            Yang kedua, saya ingin menyajikan bab yang menarik yaitu bab terakhir berjudul Keutamaan Menjaga Kesucian dalam Cinta. Di dalamnya menceritakan bahwa cinta itu mempunyai dua potensi yaitu bisa membawa orang yang sedang merasakannya kelembah kemaksiatan, hal itu bisa terjadi jikalau orang itu hanya menuruti hawa nafsunya saja dan bisa membawa kepada kebaikan, hal itu bisa terjadi jikalau orang itu menggunakan hati yang tulus dan akal yang sehat dalam mencintai. Dalam buku ini juga diceritakan kisah nyata seorang pemuda yang rela membakar tangannya diatas api hanya dikarenakan ingin menjaga dirinya dari rayuan setan yang ada dalam dirinya berupa hawa nafsu yang pada waktu itu mengajaknya untuk melakukan maksiat dengan seorang perempuan yang ia kagumi. Subhanalloh saya sungguh kagum pada sikap pemuda itu, dia ingin menyadarkan bahwa api yang sedang ia rasakan pada saat itu belumlah seberapa rasa panasanya bila dibandingkan dengan panasnya api neraka.
            Saya akan menyajikan salah satu puisi tentang cinta karya Ibnu Hazm yang ada dalam buku ini yang bisa membuat saya berkesan pada puisi itu. Perlu diketahui keseluruhan puisi yang ada dalam buku ini sungguh mengesankan, namun saya hanya mengambil satu contoh puisi yang mungkin bisa mewakili :
Cintaku padamu, abadi sepanjang jaman
Tak lebih tak kurang oleh alasan
Cintaku tak beralasan kecuali keinginan mencintai
Cintaku tak bersebab yang dimengerti manusia
 
Jika cintamu tak beralasan selain ia yang kau cintai
Maka ia nyata, tak kan lenyap selamanya
Jika cintamu digerakkan oleh suatu alasan
Maka ia akan hilang bersama hilangnya alasan
            Untuk keseluruhan isi buku ini sungguh sangat menarik untuk dibaca. Buku ini bisa dijadikan sumber inspirasi seseorang dalam menghadapi sebuah rasa yang suci awalnya namun tercemar dalam perjalanannya yaitu cinta. Agar anda bisa menjaga rasa cinta anda agar tetap suci mungkin buku ini bisa menjadi teman anda dalam menjalani masa-masa percintaan itu. Kisah-kisah nyata yang disajikan dalam buku ini akan membantu anda untuk mengentropeksi dengan apa yang sedang anda alami. Dengan penggunaan bahasa yang  mudah dimengerti akan memudahkan anda dalam memahaminya.
            Namun dalam beberapa bagian buku ini mengggunakan gaya bahasa hiperbolik, yang kadang terlalu berlebih-lebih. Misalnya ketika mengilustrasikan tubuh kurus krempeng yang berlebih. Meskipun demikian, untuk keseluruhannya buku ini menarik untuk dibaca sebagai sumber inspirasi tentang segala hal yang berhubungan dengan cinta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s