Bapak

Image

 

“Mba Rin,katanya jatuh ya?” Tanya bapak saat beliau mengangkat telpon dari saya, disela-sela waktu setelah sholat Isya’. Hari itu Jakarta terus diguyur hujan, hingga 24 jam mungkin, karena hujan tak henti-hentinya turun dari malam sebelumnya. Dan entah benar atau tidak, hujan mungkin membuat signal operator yang saya pakai terganggu, hingga saya harus berpindah dari kamar saya ke teras belakang. Malam itu masih juga hujan, dan dari teras saya masih bisa melihat tetes-tetes air hujan.

Bapak memang sedang tidak ada dirumah, beliau sedang pulang ke Magetan, alhasil, hanya melalui telponlah saya bisa berbincang dengan beliau. Biasanya Bapak tidak terlalu suka berbicara banyak di telpon, tapi kali ini mungkin karena beliau merasa ada yang salah dengan saya, Bapak menelpon untuk waktu yang lama.

“Mba, nda apa-apa Pak. Cuma masih sedikit pusing, jalannya juga masih agak terhuyung-huyung”

“Bapak kepikiran..”

“Mba, nda apa-apa Pak. Sungguh” saya mengucapkan ini berulang-ulang untuk membuat beliau tenang dan menegaskan bahwa yang saya alami adalah hal yang biasa.

“Keseleo ya? Ada yang luka ngga? Rini darah rendah si, jadi sering pusing begitu. Makan juga males banget, jadi gmana bs nda sering pusing coba? Obatnya diminum? Madunya juga jangan lupa lho ya!” Bapak menghujani saya dengan banyak pertanyaan. Pertanyaan yang penuh kasih sayang.

“iya, nda apa ko Pak. Cuma kadang terasa pusing. Nyut-nyutan juga. Nanti diperiksakan lagi. Bapak juga sehat-sehat ya disana”

“iya. Mba yang baik-baik ya disana. Kerja yang baik. Kuliahnya. Jangan sedih-sedih lagi”

Dan air mataku menetes tanpa sadar saat itu juga. Bapak, aku mau memelukmu dari sini….

Bapak, adalah figure favorit saya. Tak henti-hentinya saya menulis tentang beliau. Dan menjadi gadis kecilnya adalah anugerah terindah yang pernah dihadiahkan Tuhan Yang Maha Pemurah.

 

Woman – when she is a daughter, she opens jannah for his father. Hope I can be that way. Bapak.

 

Leave a Reply

