Kapan Anak Diwajibkan Berpuasa?

images (14)

Oleh: Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin
Soal: Apakah anak yang berusia di bawah 15 tahun diperintahkan untuk berpuasa sebagaimana shalat?”
Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah menjawab:
“Ya, seorang anak yang belum baligh diperintahkan untuk berpuasa apabila dia sanggup, sebagaimana dulu para sahabat –radhiyallahu ‘anhum- melakukannya terhadap anak-anak mereka.
Para ulama telah menetapkan bahwa seorang wali hendaknya memerintahkan anak-anak di bawah perwaliannya untuk berpuasa dengan tujuan agar mereka berlatih dan terbiasa, serta menanamkan pondasi islam pada jiwa-jiwa mereka hingga menjadi kebiasaan bagi mereka. Namun apabila puasa tersebut menyusahkan atau membahayakan mereka maka sesungguhnya puasa itu bukanlah hal yang wajib bagi anak-anak tersebut.
Dan sesungguhnya di sini aku ingin mengingatkan tentang permasalahan yang dilakukan oleh sebagian orang tua yaitu melarang anak-anak mereka untuk berpuasa, berbeda dengan apa yang dilakukan oleh para sahabat –radhiyallahu ‘anhum-.
Mereka mengatakan bahwa mereka melarang anak-anak mereka karena kasih serta sayang mereka terhadap anak-anak. Yang sebenarnya, sayang terhadap anak adalah dengan memerintahkan, membiasakan serta menanamkan syariat-syariat Islam kepada mereka, karena hal tersebut –tidak diragukan lagi- merupakan kebaikan pendidikan serta kesempurnaan pengasuhan.
Telah tsabit dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bahwa beliau bersabda,
((إِنَّ الرَّجُلَ رَاعٌ فِي أَهْلِهِ وَهُوَ مَسْؤُوْلٌ عَنْ رَعْيَتِهِ))
“Sesungguhnya laki-laki itu merupakan pemimpin keluarganya dan akan ditanya tentang kepemimpinannya” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).
Dan sudah sepantasnyalah bagi para orangtua/pengasuh -yang Allah telah menitipkan anak-anak kepada mereka– untuk bertaqwa kepada Allah ta’ala dalam pengasuhan mereka, dan memerintahkan mereka untuk melaksanakan perintah-perintah syariat Islam”.
(Diterjemahkan oleh Abu Umar Al-Bankawi dari Fatawa fi Ahkamish Shiyam Syaikh Utsaimin, soal nomor 37)
http://ulamasunnah.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s