Nasehat Sangat Menyentuh Hati: Kokoh dan Teguh di atas as-Salafiyyah !!

index

Nasehat Sangat Menyentuh Hati dari

asy-Syaikh Abu ‘Utsman Muhammad al-’Anjari hafizhahullah

بسم الله، والحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله محمد، صلى الله عليه وعلى آله وصحبه وسلم،

As-Salafiyyah itu berat..

Sebagaimana dalam firman Allah, “Sesungguhnya Kami akan menurunkan kapadamu perkataan yang berat.”
(al-Muzzammil : 5).

Tidak semua orang mampu mengemban tugas yang berat. Perkara yang berat itu tidak disukai oleh manusia. Sementara al-Haq itu berat.

“al-Jannah (surga) itu dikelilingi oleh hal-hal yang dibenci.”
(at-Tirmidzi 2559, shahih)

Maka orang yang ingin menjadikan agama ini sebagai tangga untuk meraih kedudukan, harta, atau ambisi-ambisi duniawi maka ketauhilah bahwa manhaj yang haq ini tidak cocok untuk merealisasikan ambisi, kepentingan, dan penyakitnya tersebut!!

As-Salafiyyah itu bersih dari penyakit-penyakit…

As-salafiyyah itu mengharuskan adanya furqan (pembeda) yang jelas. Dan furqan itu tanggung jawab yang berat. Semua orang tahu furqan dengan mereka (para ahli batil), namun mampukah dia mengangkat bendera as-Salafiyyah ini di hadapan lawan-lawan dan musuh-musuh serta kelompok-kelompok sesat, bahkan di hadapan negara-negara? Sungguh ini adalah tanggung jawab yang sangat berat wahai saudaraku! Tidak ada cara (agar mampu mengembannya) kecuali dengan bersabar, dan keteguhan, serta memohon kepada Allah jalla wa ‘ala. Harus teguh di atas jalan ini.

Berapa banyak kita mendengar dulu orang-orang mengingkari kita (salafiyyin) atas bantahan-bantahan (terhadap ahlul batil), yakni 10 tahun yang lalu atau lebih. Namun hari ini bantahan (terhadap ahlul batil) menjadi materi yang tersebar. Dulu orang-orang menjelek-jelekkan (bantahan terhadap ahlul batil).

Berapa banyak orang yang dulu kita tahdzir (peringatkan) dari bahaya Ihyaut Turats, kita katakan bahwa manhaj ‘Abdurrahman Abdul Khaliq adalah manhaj yang menyimpang dari manhajnya Nabi Muhammad dan para shahabatnya, dan perselisihan antara kita (salafiyyin) dengan Ihyaut Turats adalah perselisihan aqidah!

Dulu banyak orang mengingkari pernyataan ini, namun kini mereka mau menerima pernyataan tersebut, bahkan juga turut menyatakannya. Dulu mereka mengatakan, “ini tergesa-gesa”, namun sekarang mereka juga turut menyatakannya. Demikian juga dengan masalah-masalah lainnya, baik sikap keterlaluan terhadap penguasa, dan banyak masalah lainnya.

Maka kita (salafiyyin) bergembira dengan itu semua (penerimaan umat terhadap dakwah salafiyyah). Kita memohon kepada Allah taufiq untuk mereka. Jika mereka di atas sunnah. Al-Haq, bagi seorang sunni (ahlussunnah), jika diucapkan oleh siapapun maka dia bergembira dengannya, karena dia menginginkan negeri akhirat. Adapun orang yang menginginkan sesuatu untuk dirinya, maka kebinasaan baginya. Kita memohon kepada Allah hidayah untuknya.

Maka permasalahan ini (manhaj), merupakan masalah aqidah dan agama.

Ini adalah masalah taqarrub kepada Allah.

Taruhannya adalah jannah atau neraka wahai saudaraku!!

Masalah ini bukan urusan dunia. Berapa lama lagi kita tinggal di dunia, 20 atau 40 tahun lagi, setelah itu selesai kita bertolak dari dunia ini, sebagaimana ayah-ayah dan kakek-kakek kita yang telah meninggalkan dunia ini.

“Jangan (berbuat demikian). Apabila bumi digoncangkan berturut-turut, dan datanglah Rabbmu; sedang malaikat berbaris-baris. Dan pada hari itu diperlihatkan neraka Jahannam; dan pada hari itu ingatlah manusia, akan tetapi tidak berguna lagi mengingat itu baginya.”
Di sinilah, pada hari itu apakah kamu berada di atas furqan yang jelas? Apakah kamu berada di as-salafiyyah yang bersih dan murni serta jelas, tidak tercampur dengan kesamaran dan ambisi-ambisi? Jalan yang sangat jelas. Maka jalan yang jelas ini merupakan beban yang sangat berat. Dan hal ini telah diucapkan oleh MuhammadShallallahu ‘alaihi wa sallam :

أَلَا إِنَّ سِلْعَةَ اللَّهِ غَالِيَة
“Ketahuilah bahwa barang dagangan Allah itu mahal.”
(at-Tirmidzi 2450, shahih)

As-Salafiyyah itu mahal…

Kokoh terus di atas jalan ini sampai mati merupakan beban yang sangat berat.

Engkau bebas memilih. Apakah kamu ingin bersama mereka para keluarga dekat kelompok-kelompok/partai-partai politik “islamiyyah”, sebagaimana nama tersebut disematkan oleh asy-Syaikh al-Fadhil Ahmad as-Sabi’ihafizhahullah? Tampilan luarnya salafiyyah, namun pada hakekatnya adalah bithanah (keluarga/temandekat) kelompok-kelompok/partai-partai politik “islamiyyah”.
Jika kamu ingin jadi Ikhwanul Muslimin maka silakan, ingin jadi pengikut Ihyaut Turats maka silakan.

Namun ingat,
“Tidaklah keluar (dari lisannya) satu ucapanpun kecuali di sisinya ada raqib dan ‘atid.”
(Qaf : 18)

dan ingat pula,
“Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati semua itu akan dimintai pertanggung jawaban” (!!)
(al-Isra’ : 36)

“dan tiap-tiap manusia itu telah Kami tetapkan amal perbuatannya (sebagaimana tetapnya kalung) pada lehernya. dan Kami keluarkan untuknya pada hari Kiamat sebuah kitab yang dijumpainya terbuka. “Bacalah kitabmu, cukuplah dirimu sendiri pada waktu ini sebagai penghisab terhadap dirimu sendiri”.
(al-Isra’ : 13-14)
Sungguh as-salafiyyah adalah kebanggaan, as-salafiyyah adalah ‘izzah (kemuliaan), meskipun merupakan beban yang sangat berat.
“Ketahuilah bahwa barang dagangan Allah itu mahal.” !!

http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=139922

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s